Rabu, 05 September 2012

Manfaat Madu

Madu adalah produk alam yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, berbagai jenis vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan, dan komponen aromatik. Menurut para ahli, kandungan karbohidrat madu sangatlah tinggi, tapi karena ia tergolong karbohidrat kompleks dan memiliki senyawa vitamin yang luar biasa, ia tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Setiap 100gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada di dalam madu sangatlah kompleks yaitu mencapai 181jenis.
Manfaat madu menurut Ibnu Qoyyim adalah sebagai berikut:
1. Membersihkan usus dan pembuluh darah.
2. Menyetabilkan kelembaban tubuh.
3. Membersihkan dahak.
4. Memperbaiki sistem alami tubuh.
5. Membersihkan lever.
6. Memperlancar buang air kecil dan buang air besar.
7. Mengobati penyakit akibat keracunan jamur-jamur beracun.
8. Menghilangkan kutu dan ketombe (sebagai krim oles).
9. Menyuburkan dan memanjangkan rambut (Bahan campuran minyak rambut).
10. Memutihkan gigi, menyehatkan gigi dan gusi (sebagai pasta gi atau campuran pasta gigi).
11. Mempertajam pandangan mata (Sebagai celak).
12. Membuka sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah.
13. Menghangatkan badan.
14. Sebagai pengawet makanan yang aman, seperti buah-buahan, daging dan sejenisnya.

Selain manfaat yang telah dijelaskan oleh ibnu Qoyyim, masih banyak lagi manfaat madu yang dijelaskan oleh para pakar kesehatan klasik dan modern.Bila diminum secara teratur madu dapat menyetabilkan tekanan darah, menjadi anti bodi yang baik, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina dan vitalitas, serta   berbagai manfaat lainnya, termasuk meningkatkan mutu herbal.
Selain mempunyai banyak manfaat yang bisa kita rasakan, madu juga merupakan salah satu makanan yang disebut di dalam Al-Qur'an dan merupakan makanan favorit Rasulullah saw. Ayo kita ikuti sunnah beliau sehingga kita termasuk orang yang akan mendapatkan syafaat dari beliau, karena kita mengamalkan salah satu sunnah yang beliau contohkan yaitu minum madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar