Sabtu, 01 Januari 2011

Langkah Memahami dan Mengamalkan Al Qur'an

ketika kita ingin memperoleh manfaat yang maximal dari al qur'an maka kita harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Belajar membaca al qur'an

wajib bagi seorang muslim untuk mempelajari cara membaca al qu'an secara benar sesuai dengan kaidah tajwid, oleh karena itu ia harus belajar kepada seorang yang ahli dalam membaca al qur'an.

2. Membiasakan diri membaca al qur'an

setelah kita bisa membaca al qur'an dengan benar maka kita harus senantiasa membaca al qur'an dalam keseharian kita, minimal satu hari satu juz. Tetapi apabila kita belum mampu membaca satu juz satu hari kita bisa membacanya setengah juz secara istiqomah, setelah kita mapu membcanya secara istiqomah maka kita bisa meningkatkannya menjadi satu juz perhari.

3. Belajar mengartikan al qur'an

setelah kita bisa membaca al qur'an secara benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya dan rutin membca al qur'an satu juz satu hari maka langkah selanjutnya adalah mempelajari makna dari ayat-ayat al qur'an yang kita baca. sehingga kita bisa memahami apa isi kandungan al qur'an tersebut.

4. Mengamalkan isi kandungan al qur'an dalam kehidupan sehari-hari

setelah kita mengatahui makna dari kandungan ayat-ayat suci al qur'an maka kewajiban kita adlah mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. sehingga hidup kita sesuai dengan apa yang terkandung di dalam kitab suci al qur'an.

5. Menghafalkan Al Qur'an

Menghafalkan al qur'an merupakan kemuliaan bagi seorang muslim, karena dengan menghaflkan al qur'an maka akan menjadikan kita mudah dalam memahami kandungan al qur'an. dengan menghafalkan al qur'an memungkinkan bagi kita untuk senantiasa mentadabburi al'quran di manapun kita berada.

6. Membaca al qur'an di tengah malam

untuk mandapatkan manfaat dari ayat-ayat al qur'an maka kita harus berusaha bangun malam untuk malaksakanakan sholat malam dalam rangka mentadabburi al qur'an. karena ketika bangun diwaktu malam fikiran kita masih fress sehingga mudah bagi kita untuk menghayati isi kandungan dari ayat-ayat al qur'an.

Demikianlah apa yang bisa kami bagi semoga bermanfaat....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar