Senin, 26 Maret 2012

Khasiat Jinten Hitam (Nigella Sativa)


Jintan Hitam (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat pula digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.
Uraian Tanaman :
Tanaman ini tumbuh liar sampai pada ketinggian 1100 m dari permukaan laut. Biasanya ditanam di daerah pegunungan ataupun sengaja ditanam dihalaman atau ladang sebagai tanaman rempah-rempah. Jintan hitam atau jintan hitam pahit adalah adalah biji berbentuk kerucut berwarna kehitaman yang dihasilkan oleh tanaman berbatang lembut berbunga kuning. Selain itu ada yang dinamakan jintan putih (Cuminum cyminum L. dari suku Apiaceae) yang lebih sering dipakai dalam masakan walaupun dipakai juga untuk jamu-jamu tertentu dan dalam bahasa lnggris disebut cummin. la juga berbeda dengan jintan manis (Pimpinella anisum, L. dari suku Apiaceae) yang sama dengan adas manis (Inggris: anise; Belanda: anijs). Bahkan ia juga berbeda dengan jintan (Carum carvi, L. dari suku Apiaceae) yang dalam bahasa Inggris disebut caraway dan dalam bahasa Belanda disebut karwijzaad. Ia juga harus dibedakan dari daun jintan, yaitu daun lonjong tebal berbulu dan berwarna hijau muda dari tanaman Plectranthus amboinicus (L.) Spreng.(dipakai juga dalam pengobatan).

Kandungan & Manfaat :
Biji jintan hitam antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak, dan saponin melantin, zat pahit nigelin, nigelon, dan timokinon. Minyak atsiri pada umumnya bersifat anti bakteri, anti peradangan. la juga menghangatkan perut.
Kegunaan: 
1.   Radang pada selaput lendir mata sehingga penglihatan berkabut
2.      Batuk rejan
3.      Keputihan pada gadis remaja
4.      Lepra
5.      Radang hidung
6.      Demam (daunnya)
7.      Sembelit
8.      Encok
9.      Digigit serangga/ ular
10.  Influensa (buah / bijinya)
11.  Kanker/tumor
12.  Asma
13.  Stoke
14.  Dan lain-lain

Itulah beberapa khasiat dari jinten hitam. Apabila anda ingin mendapatkan Jintan Hitam dalam bentuk kapsul, sudah tersedia di toko-toko herbal diseluruh indonesia. Anda juga bisa berbelanja secara online melalui situs-situs toko herbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar